• Ingin Otak dan Tubuh Tetap Bugar? Hindari Kebiasaan Menonton TV Di Pagi Hari

    Apakah anda orang yang terbiasa menonton tv langsung setelah bangun tidur di pagi hari? Jika benar, maka mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut agar hidup anda lebih sehat.

    Memang benar, TV menjadi sumber informasi untuk kita. Menikmati secangkir minuman hangat atau menyantap sarapan pagi sambil menonton program hiburan hingga berita pagi seolah sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, banyak yang tidak menyadarinya jika kebiasaan menonton TV di pagi hari merupakan sumber penyakit, yang mana akan mempengaruhi kesehatan otak hingga fisik kita.

    Otak manusia mempengaruhi rasa, gerakan, berpikir, imajinasi dan lainnya pada melakukan suatu aktivitas. Ketika menonton TV, kerja otak akan dipaksa melihat sebanyak 625 saluran yang dikomposisikan pada 800 titik, yang muncul setiap 25 kali perdetik. Efeknya, kerja otak tidak optimal dan aktivitas sehari-hari anda terganggu. Bahkan, dengan kebiasaan demikian dapat dengan mudah terkena stress, sulit konsentrasi, sakit kepala, gangguan pikiran.

    Sebuah studi menjelaskan bahwa rata-rata setiap orang menonton televisi ialah 5-6 jam perhari. Dengan rata-rata tersebut, anda tidak akan bisa berpikir hingga mengatur otak anda untuk mengatur ulang pikiran. Makanya, menyaksikan TV akan menuntun penonton tersebut masuk dalam keadaan yang dapat tersugesti.

    Dampak lanjutnya, performa otak akan sangat lemah. Fungsi otak kiri untuk berpikir logis akan berpindah ke otak kanan. Ini dapat menyebabkan lemahnya menerima informasi serta berpikir karena otak kanan akan merespon secara emosional.

    Anak-anak juga tak luput dari perhatian. Terkadang, mereka menonton lebih lama dari rata-rata orang dewasa menonton.  Dari hasil berbagai penelitian menunjukkan mereka yang menonton televisi dua kali lipat lebih sering mungkin memiliki fungsi mental yang buruk. Temuan ini ternyata didapatkan dari dampak kebanyakan menonton televisi yang akhirnya berujung pada aktivitas fisik yang rendah di masa awal dewasa. Parahnya lagi, ternyata kebiasaan tersebut memperburuk kecepatan memproses informasi saat usia dewasa pertengahan.

    Dengan demikian, banyak sekali orang-orang yang gagal dalam aktivitas sehari-harinya. Mereka mudah terpancing marah, stress, menurunya kebugaran tubuh, khawatir berlebihan hingga depresi. Maka amat penting untuk hindari kebiasaan menonton TV di pagi hari, demi kesehatan otak dan tubuh tetap bugar.

    Please follow and like us:

Leave a reply